Rabu, 24 Juli 2013

Secara umum letak geografis Desa Semboro Kecamatan Semboro  yang terletak pada wilayah dataran rendah dengan ketinggian ± 25 DPL. Secara umum batas – batas Administrasi Desa Semboro meliputi :
Utara                               : Desa Sidomulyo, Desa Tanggul Kulon
Timur                              : Desa Tanggul Wetan, Desa Sidomekar
Selatan                            : Desa Umbulrejo, Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari
Barat                               : Desa Sidorejo, Desa Gadingrejo, Desa Rejoagung
Desa Semboro memiliki luas wilayah ± 952,707 Ha. Dari segi topografi, Desa Semboro berada pada bagian barat Kabupaten Jember yang merupakan daerah pertanian yang subur untuk pengembangan tanaman pangan.

Secara umum Desa Semboro meyoritas penduduknya merupakan penduduk asli dengan dan sisanya sebagian kecil merupakan penduduk pendatang. Dilihat dari penyebaran suku bangsa penduduk Desa Semboro terdapat dua suku yaitu suku Jawa dan suku Madura dan sebagian kecil suku yang lain.
Desa Semboro dikenal sebagai Desa Agraris, memiliki potensi alam yang cukup prospektif bagi pengembangan perekonomian wilayah ditingkat desa. Sesuai dengan potensi ekonomi desa yang ada, perekonomian di Desa Semboro masih mengandalkan pada sektor pertanian sebagai basis dan penggerak roda perekonomian wilayah. Pertanian sebagai sector unggulan sampai saat ini masih memiliki peran yang dominant dan strategis bagi pembangunan perekonomian baik sebagai : penyedia bahan pangan, bahan baku produk olahan, peningkatan pendapatan desa dan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang signifikan.
Sumber daya yang ada saat ini yang menjadi potensi ekonomi yang unggul adalah di bidang pertanian dengan beberapa produk yang dihasilkan meliputi : Padi, jagung, jeruk, tebu, ubi, mangga, rambutan, salak dan tanaman polowijo lainnya.